CARA BUDIDAYA IKAN LELE

CARA BUDIDAYA IKAN LELE

 

Halo teman teman penisnis apakahbkalian sudah memiliki bisnis ? Atau apakah kalian masih bingung mau berbisnis apa ? Berbisnis memang harus dipikirkan secara matang – matang. Tidak semua jenis bisnis cocok dengan apa yang kita mau. Oleh karena itu teman – teman sekalian harus memikirkan secara matang untuk berbisnis.

Di sini saya akan sarankan Anda untuk berbisnis ikan lele. Caranya yang mudah akan membuat Anda tidak ketar ketir menghadapi ruwetnya berbisnis. Dalam berbisnis ikan lele cukup untuk teman – teman yang masih pemula dan ingin membuka usaha sendiri. Namun bila Anda ingin membuka bisnis ikan lele mala harus ada yang Anda perhatikan yaitu caranya. Anda harus mengetahui beberapa tahap yang harus dilakukan bila Anda ingin membuka usaha lele sendiri. Berikut adalah cara – cara membudidaya ikan lele :

 

  1. Persiapan kolam ikan lele

 

Untuk berbudidaya ikan lele tentunyabkita harus memiliki media agar ikan lele teservut bisa hidup. Ikan lele biasanya ditaruh didalam kolam. Nah kolam ikan lele ini memiliki beberapa jenisnya. Tidak semua jenis ikolam ikan lele ini sama. Kini adalah beberapa contoh kolam ikan lele yang biasa digunakan dalam budi daya ikan lele, seperti jenis kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung, dan keramba.

 

  1. Pemilihan benih

 

Pemilihan benih juga harus diperhatikan. Benih adalah salah satu faktor kesuksesan visnis ikan lele Anda. Pastikan jika Anda telah menebar benih lele yang terjamin sehat: berikut adalah ciri – ciri dari benih lele yang sehat :

 

– Gerakannya lincah.

 

– Tidak ada cacat atau luka di tubuh.

 

– Bebas dari bibit penyakit.

 

– Gerakan renang normal.

 

  1. Pemilihan pakan ikan lele

 

Seperti yang telah di singgung dari artikel sebelummnya , seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele adalah ikan pemakan segala. Meskipun bisa memakan segala kita harus memperhatikan makanan ikan lele tersebut. Tidak semua makanan bisa sehat untuk ikan lele itu. Ikan lele memang direkomendasikan untuk memakan makanan yang mengandung protein hewani. Umumnya, kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan lele, yaitu:

 

– Protein: 30%

 

– Lemak: 4-16%

 

– Karbohidrat 15-20%

 

– Vitamin dan mineral

 

pemberian pakan ikan lele 4-5 kali sehari. Sedangkan waktu pemberian pakan bisa pagi, siang, sore, atau malam hari. Namun ikan lele adalah ikan nomturnal maka disarankan memberi makannya di sore atau malam hari.

 

  1. Perhatikan kualitas air

 

Hal ini sering dilupakan oleh peternak ikan lele. Setelah membaca tulisan  ini teman -teman jangan lupa ya. Pastikan kolam Anda terjaga kualitasnya yang maksutnya terjaga dari tumpukan sisa makanan ikan tersebut. Tumpukan sisa makanan itu membuat kolam Anda menjadi mengeluarkan bau yang tak sedap. Jadi solusinya dengan membuang sepertiga air yang ada di bawah, kemudian isi dengan air baru.

 

  1. Lakukan penanganan hama dan penyakit

 

Sudah dibahas di artikel sebelumnya. Bahwa jenis hama dan penyakit pda ikan berbagai macam. Maka kita harus melakukan pencegahan agar kita tidak mengalami rasa sakit hati plus rasa rugi. Kita harus melakukan pencegahan entah memasangi batas pada kolam atau memberikan obat kepada ikan kita. karena bila sudah mengalami maka penyesalan dan sakit hati bisa bisa bergabung menjadi satu

 

  1. Panen ikan lele

 

Biasanya dalam waktu 2,5-3,5 bulan bisa didapatkan 8-12 ekor ikan lele dalam tiap kilogram. Namun saran saya adalah jangan memberi makan ikan lele pda 24 jam terakhir. Hal ini bertujuan kolam tidak kotor saat proses pemanenan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *