JENIS JENIS IKAN LELE

JENIS JENIS IKAN LELE

 

Hola sobat leleku , kembali lagi di bacaan literasi lele banyuwangi. Bagaimana kabarnya teman – teman sekalian ?semoga diberikan rezeki yang ehat sehat saja aamiin. Dalam berbisni ikan lele ita harus mengetahui jenis lele apa saja yang dapat kita hudidayakan. Tidak semua ikan lelenini dapat dibudayakan. Lele yang bersifat unggul adalah lele yang memeiliki kelebihan seperti cepat berkembang biak , kuat yerhadapa berbagai penyakit. Selain ktu lele juga harus kuat dalam lingkungan yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi  dan kondisi air yang minim. Selaku pembudidaya ikan lele alangkah baiknya kita menseleksi bibit yang akan kita pilihi. Jangan memiliih bibit sengan cara yang asal – adalan. Dan jangan asal pilih lele , tahu tahu ternyata lele yang kamu beli tidak layak untuk dibudidaya. Disini lele banyuwangi akan menjelaskan beberapa jenis ikan lele. Berikut adalah jenis – jenis ikan lele :

 

  1. Lele lokal

 

Sebelum lele dumbo masuk ke IIndonesia. Lele inilah yang lebih awal masuk. Namun sekarang para peternak sudah banyak meninggalkan lele jenis ini karena dinilai kurang menghasilkan. Lele lokal memiliki Food Convertion Ratio (FCR) yang tinggi, artinya rasio pakan yang diberikan terhadap berat daging yang dihasilkan tinggi. Pertumbuhan lele lokal ini terbilang lambat. Dari ukuran saja dapat kita lihat lele lokal yang sudah satu tahun kalah besar dengan lele dumbo yang masih baru 2 bulan. Terdapat tiga jenis lele lokal yang ada di Indonesia, yaitu lele hitam, lele putih atau belang putih dan lele merah.

 

  1. Lele dumbo

 

Lele ini berasal dari taiwan pada tahun 1985 . Banyak peternak lebih suka membudidaya ikan lele ini karena dinilai memiliki tingkat perkembang biakan yang cepat selain itu memiliki tubuh yang lebih besar. Sudah dijelaskan tadi bahwa lele ini memilikinikuran yang jauh lebih besar. Dari sisi fisik, ikan lele dumbo bisa dibedakan dengan lele lokal dari warnanya yang hitam kehijauan namun lele ini bisa berubah warna bila mengalami stress , setelah sudah kembali reda maka warnanya akan kembali seperti semula.

(sumber foto)

  1. Lele sangkuriang

 

Lele ini baru dilepas pada tahun 2004. Mengapa demikian ? Karena adanya kekhawatiran dengan para peernak lele dumbo dengan menurunya kualitas .Penurunan disebabkan oleh kesalahan dalam menghasilkan benih dan penyilangan yang terjadi secara terus menerus. Setelah dilakukan oersilangan lele ini memiliki keunggulan yaitu dia bisa bertelur dari 40 ribu hingga 60 ribu  per sekali pemijahan. Cuman kelemanya adalah peternak tidak bisa membenih kan dari induk sangkuriang. Karena bila dibenihkan lagi kualitasnya akan menurun.

(sumber foto)

  1. Lele python

 

Dari namanya ikan lele ini bukanlah ikan lele yang disilangkan dengan ular pyton. Berdasarkan literatur lele python ini adalah persialangan dari ikan lele thailand F2 denganikan  lele dumbo F6. Lele ini cocok dibudidaya di daerah yang memiliki suhu yang dingin. Karena keunggulan ikan lele python ini bisa tahan di daerah suhu yang dingin. Lele ini menjawab permasalahan di Desa Banyumundu , Kab. Mandeglang. Oara oeternak sering mengalami rugi karena memelihara lele dumbo yang tidak kuat dengan suhu dingin. Kalau bentuk ikan lele ini seperti namanya bentuknya seperti ular , gerakannya lincah , daging tidak lembek , bila digoreng rasanya lebih gurih. Dalam segi rasa rasaynya hampir sama seperti lele lokal.

berikut adalag beberapa jenis jenis ikan lele semoga dengan ilmu ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi teman teman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *