MACAM – MACAM KOLAM LELE

Selamat datang lagi di web kesayangan Anda. Bagaimana teman – teman kabarnya ? Baik – baik saja kan ?. Setelah membahas apa sajayang harus dicegah dalam berbisnis berjualan lele dan setelah Anda mengetahui bagaimana cara untuk membudidaya ikan lele. Teman teman juga harus mengetahui macam – macam kolam ikan lele. Karena setiap kolamnikan lele memiliki perbedaannya masing masing. Dan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut adalah macam – macam kolam ikan lele :

 

  1. Kolam tanah

 

Kolam tanah adalah kolam yang paling sederhana. Kolam ini juga bisa disebut kolam dengan cara pembuatan yang tradisional sebagai metodi pembudidayaan ikan lele. Kolam tanah juga bisa disebut blumbang , empang , atau balong.  Kolam ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah : 1) memiliki biaya yang sederhana minim modal , 2) masih memiliki mikroorganisme yang masih alami. 3.) air kolam tidak perlu disaring 4.) alami. Namun disisi lain kuga memiliki beberapa kelurangan yaitu : 1.) butuh tanah yang luas. 2.) lebih mudah terkena penyakit 3.) suhu kolam sulit diatur 4.) air terlalu keruh membuat susah melihat ikan kecil dan besar 5.)kualitas ikan lelenya kurang baik.

(SUMBER FOTO)

  1. Kolam semen

 

Kolam ini mudah untuk dideskripsikan. Kolam ini memiliki dinding yang berbahan semen. Kolam ini kuat dan aman untuk memelihara ikan lele. Berikut adalah kelebihan kolam yang terbuat dari Semen : 1.) kuat tahan lama bisa sampai 10 tahun lamanya 2.) mudah mengatur suhu airnya 3.) penggantian air kolam bisa dengan mudah diganti. Namun teman teman sekalian harus mengamati kekurangan dari kolam lele ini 1.) buruh biaya modal yang tinggi 2.) mudah ditumbuhi lumut 3.) Perlu disterilkan beberapa hari agar bau semen hilang dan kolam bisa menjadi tempat hidup yang aman untuk ikan lele. 4.) bila kolam rusak , perbaikannya lebih susah.

  1. Kolam apung jaring atau keramba

 

Seperti namanya kolam ini terbuat dari jaring. Kolam ini bisa dipakai di pinggir sungai atau di danau. Kolam ini bisa dipakai di kolam tanah agar bisa lebih mudah mengontrol ikan lelenya. Kelebihan kolam ini yaitu 1.) tempat budidaya bisa sangat luas 2.) menciptakan tempat yang alami sehingga lele bisa tumbuh optimal 3.) kontrol ikan bisa lebih mudah. Kekuranganya adalah 1.) suhu air kolam sulit dikendalilan 2.) ikan lele rawan terserang penyakit 3.) bisa hanyut dan mudah rusak bila musim hujan 4.) ikan mudah lepas

 

  1. Kolam fiber

 

Kolam ini memiliki desain yang menarik. Bentuknya seperti ember dengan ukurang yang besar. Keuntungannya yaitu 1.) kekuatanya cukup baik 2.) bisa dipindahkan dengan mudah 3.) tahan lama 4.) mudah dibersihkan 5.)  ikan lele terlindung dari hewan pengganggu dan penyakit. Kekurangannya adalah 1.) biaya pembuatan lele lebih mahal 2.) air kolam harus sering diganti 3.) jumlah ikan yang ditampung memiliii batas.

(SUMBER FOTO)

  1. Kolam drum

 

Kolam ini bisa terbuat dari kolam drum yang beradal dari plastik atau bisa dari besi. Kolam ini termasuk kolam praktis dan pertumbuhan ikan lelenya bisa menjadi optimal. Kelebihannya adalah 1.) perawatannya mudah 2.) bisa dipindahkan dengan mudah 3.) air kolam mudah dikontrol 4.) suhu air mudah diatur. Kekurangannya adalah 1.) biaya yang dibutuhkan lebih mahal 2.) jumlah ikan yang ditampung terbatas 3.) sering ganti air kolam

 

berikut adalah beberapa kolam ikan lele yang biasanya digunakan para peternak ikan lele. semoga ilmu yang telah dipelajari dapat menjadi ilmu yang berguna. semoga teman teman sekalian bisa menjadi pebisnis yang sukses. bahagia dunia akhirat. Jangan lupakan lele banyuwangi ya bila kalian membahas lele.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *