PAKAN LELE ALTERNATIF

MACAM – MACAM ALTERNATIF PAKAN  IKAN LELE

 

Halo teman – teman bagaimana kabarnya ? Semoga baik – baik saja ya. Di tengah gemcarnya wabah penyakit corona ini orang – orang banyak dibingungkan dengan masalah ekonomi. Banyak karyawan yang dirumahkan , potong gaji , hingga ada yang berakhir diberhentikan dari pekerjaannya. Sehingga orang – orang mau tidak mau mencari pekerjaan lagi atau malah membuka pekerjaannya sendiri. Entah membuka usaha kuliner , menjual krudung , dan lain – lain.

 

Usaha kuliner adalah usaha yang tidak ada matinya. Semua orang pasti akan mencari makan. Di samping kita membuka usaha kuliner , kita harus memahami bahan – bahan yang kita beli. Apak itu berkualitas , apakah itu harus memakan modal yang banyak. Kita harus mensurveinya terlebih dahulu.

Apakah anda pengusaha ikan lele ? Tepat sekali Anda membaca halaman ini.

 

Lele yang baik pastinya adalah lele yang dirawat dengan baik , entah dalam perawatan kolam , pembibitan , pemberian makan , dan lain – lain. Tentunya pemberian makan kepada ikan lele juga berpengaruh dengan lele Anda. Pakan lele tentunya pasti ada yang mahal dan juga yang murah. Untuk meminimalisir modal yang tidak banyak , maka kita harus mencari alternatif lain. Bila teman – teman ingin memiliki ikan lele yang besar maka ada cara alternatif yaitu menggunakan alternatif yang alami. Berikut adalah alternatif makan ikan lele alaminya :

  1. Cacing

 

Cacing sudah tidak jarang kita jumpai di daerah sekitar kampung kita. Mencari cacinglun tidaklah susah bila Anda memiliki rumah yang memiliki tanah humus. Andai teman teman tahu cacing memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Banyak para ahli cacing lubricus yang menyadari bahwa di dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, atau sekitar 76 %. Jenias oakan cacing tergolong jenis pakan ikan yang memiliki kandungan gizi yang tingg pada ikan. Namun cacing memiliki kekurang yaitu dapat membuat kolam tampak lebih keruh. Pastikan cacing yang akan Anda gunakan telah dibersihkan sehingga terhindar dari penyakit atau bakteri jahat.

 

  1. Tanaman atau Dedaunan

 

Dedaiunan adalah dalah satu pakan lele alternatif yang terbuat dari bahan alam. Dedaunan juga memiliki nutrisi yang bagus bagi lele Anda. Salah satu contohnya adalah tanaman azzola. Azzola adalah tanaman oaki air yang dibutuhkan oleh lele Anda. Tanaman ini dapat membuat kolam Anda menjadi lebib lembab. Tanaman ini cukup dicari oleh para peternak ikan lele karena cocok untuk alternatif pakan tambahan bagi ikan lele itu. Intensitas perburuan azola merupakan pakan ikan lele yang di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25%  hingga 35%.

 

 

  1. Unggas

 

Pada peternakan ayam , pasti ada ayam yang mati entah beberapa. Harga yang dijual akan kebih murah daripada ayam yang siap potong pastinya. Limbah ayam tersebut dapat digunakan untuk menjadi pakan lele teman – teman sekalian. Kok bisa ? Iya bisa , karena lele adalah jenis ikan yang bisa memakan segalanya atau omnivora. Namun , perlu diingat ayam yang sudah mati tadi jangan langsung diberikan kepada ikan Anda. Karena ayam tersebut bisa saja menjadi wabah ornyakit bagi ikan Anda. Lalu harus bagaimana ? Teman – teman rebus ikan itu dulu dan jangan lupa dibersihkan. Proses perebusan itu bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada ayam itu. Setelah direbus dengan air mendidih diamkan hingga dingin lalu berikan kepada ikan lele Anda pada hari itu juga.

Bagaimana teman teman mudah kan mencari pakan lele yang alami dengan harga yang relatif murah ? So tunggu apalagi skuy lah berbisnis!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *