PERSIAPAN UNTUK BERBUDIDAYA IKAN LELE

Halo sobat leleku , bagaimana kabarnya ? baik saja kan ?. Dalam artikel ini kita membahas tentang kesehatan ikan lele yang layak jual. Sebagai peternak lele tentunya kita menginginkan keuntungan yang melimpah dari ikan yang kita ternak sejak dari pembibitan. Sebelum meraih kesuksesan sebagai peternak juga harus selektif untuk memanen ikan lele yang akan kita jual lagi. Kejujuran adalah prinsip yang harus kita pegang dan kualitas adalah cerminan dari usaha yang kita bangun. Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen adalah kewajiban yang harus kita lakukan.

Namun perlu kita ingat bahwa bisnis apapun semuanya pasti butuh yangnya persiapan. Entah persiapan modal , tempat , atau strategis bisnis. Saat pandemi kita harus mempersiakan bisnis dengan tepat. (baca jugan: Bisnis di masa pandemi) Mengapa harus prepare sebelum berbisnis ?. Bisnis itu ibarat perang , bila kamu tidak ada persiapan maka kemungkinanmu untuk kalah akan semakin besar. Oleh karena itu , Lele Banyuwangi akan memberitahu persiapan apa yang perlu ada bila kamu ingin berbudidaya ikan lele. Berikut adalah persiapan barang apa saja yang harus ada bila ingin berbudidaya ikan lele :

1. Tempat Budidaya

Tempat yang dimaksud adalah kolam. Tentunya jika tidak ada tempat ikan lele akan ditaruh mana. Ikan lele adalah hewan yang hidup dalam air oleh karena itu kita harus menyiapkan tempatnya untuk hidup.

Untuk budidaya ikan lele di kolam, sebaiknya gunakan kolam yang sudah lama dan bukan kolam baru.

Jika terpaksa menggunakan kolam baru, gunakan pupuk yang terbuat dari kotoran, kapur, dan lain-lain untuk membuat dasar kolam menjadi subur.

Tanah kolam yang tidak subur bisa memengaruhi kesuburan dan kesehatan ikan lele. Oleh sebab itu, penyuburan tanah kolam sebelum menebar benih ikan lele menjadi sangat penting. (sumber : portal jember )

Kedalaman kolam sekitar 60 cm hingga 90 cm. Setelah itu jangan lupa berikan pagar sekitar kolammu agar lelemu tidak dimakan predator.

2. Bibit Ikan Lele atau Ikan lele

Tentu saja jika anda tidak memiliki lele , apa yang akan anda ternak. Bibit lele harus terawat dengan baik dan butuh perhatian khusus. Karena ikan lele ini adalah ikan kanibal. Ikan lele kecil bisa memakan ikan lele lainnya oleh karena itu anda harus memberikan perhatian khusus pada ikan lele kecilmu. Jangan bingun bila anda  mencari lele bibit , anda jangan bingung. Kami menyediakan berbagai macam lele olahan dari lele konsumsi atau lele mentah kiloan , lele bibit , dan lele bumbu. Segera hubungi nomor whatsapp admin untuk memula bekerja sama dengan Lele Banyuwangi. WA : 0882-3094-8223

3. Persiapkan Pagar

Pagar perlu ada bila kolam yang anda pakai seperti kolam terpal atau kolam semen. Teman – temen harus  tau bahwa setiap peternakan atau perkebunan pasti memiliki hama. Bila sawah hamanya adalah burung , bila kebun hamanya ulat atau lainnya ( kalau salah tolong koreksinya ). Nah kolam lele ini memiliki hama yang bisa kita sebut predator. Predator ini berupa anjing , biawak , kucing , dsb. Baca juga : PENYAKIT DAN HAMA PADA IKAN LELE

4. Mental yang kuat

Mental ini kita butuhkan bila menjadi pebisnis. Yang namanya bisnis ada yang namanya untung ada juga ruginya. Mental ini kita gunakan bila amit – amit bila kita mengalami kerugian. Kerugian terjadi kebanyakan karena adanya kesalahan. Bila anda rugi alangkah baiknya anda belajar dari kesalahan yang pernah teman teman lakukan.

Persiapan bisnis tentunya penting. Bila anda ingin membuat usaha pastikan bahwa usaha anda tidak dibuat karna dadakan. Namun usaha harus berasal dari rencana yang matang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *